Good bye My Comfort Zone

Semua orang pada dasarnya selalu ingin nyaman. Selalu ingin berada dalam kondisi yang jauh dari kata masalah dan resiko. Bahasa bugisnya “Comfort Zone”. Daerah nyaman itu adalah daerah di mana kita sudah merasa terbiasa dengan rutinitas sehari-hari dan tidak peduli dengan resiko yang akan datang karena merasa pasti bisa tertangani.

Tapi tahukah anda bahwa Zona nyaman itu adalah “JEBAKAN”. Jebakan yang melanakan. Jebakan yang membuat kita tidak ingin lagi berbuat apa-apa dan stuck dengan hidup.

Saya ingatkan grafik siklus dulu, sebelum saya berbicara lebih lanjut

Siklus hidup itu adalah siklus yang terdiri atas 2 kurva S yang saling berkebalikan. Satu menuju puncak satunya lagi berbalik arah menuju ke bawah. Daerah yang saya lingkari adalah daerah nyaman.

Jika sudah berada di puncak siklus, jangan pernah terjebak dengan situasi itu. jangan menunggu sampai kita berada pada posisi anti klimaks. Kemudian drop sampai ke titik terbawah.

So, what we should do next?

TInggalkan Zona itu, ambil resiko untuk membentuk kurva S baru.


Saya pernah membaca kata bijak seperti ini :

“MEMANG PERUBAHAN TIDAK MENJAMIN
KEBERHASILAN,TETAPI TIDAK ADA KEBERHASILAN
YANG BISA DICAPAI TANPA PERUBAHAN” (Mario Teguh)


Jadi harus berubah dan kemudian memulai hal baru untuk berada di posisi yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Saat ini saya mencoba untuk melepaskan segala kenyamanan yang saya peroleh. Banyak teman yang menyayangkan saya meninggalkan posisi saya sekarang ini. Bahkan Manajer saya pun sempat menahan dan memberikan pandangan. Belum lagi kabar gembira tentang pormosi yang sebentar lagi akan saya dapatkan.

Tapi semua itu tidak menyurutkan langkah untuk mendaftar beasiswa program kantor. Alhamdulillah, senin kemaren saya berhasil lulus. Meski berat banget meninggalkan semua fasilitas yang saya peroleh, but I HAVE TO!

Gapapa… kadang-kadang orang itu perlu mundur selangkah untuk melompat ke depan lebih jauh, kan?

Selamat tinggal daerah nyamanku… Goodbye Comfort Zone. See ya in next two year!

FIGHTING

 

 

 

Leave a Reply

