Never ever blame someone!

Tidak jarang saya menyalahkan situasi, kondisi bahkan orang lain ketika terbentur dengan keadaan yang tidak mengenakan buat saya pribadi.

Ketika atasan menegur tugas yang terbengkalai, selalu saja ada alasan untuk itu. Si A belum menyerahkan data lah, Koneksi jaringan yang payah jadi tidak bisa mengakses file yang di pasang secara LAN dan beribu macam pengelakan diri sehingga kesalahan itu tidak sepenuhnya berada di diri. Excusing yang kadang dilebih-lebihkan dan cenderung berbohong. Masya Allah!

Ketika datang telat, segala macam sumpah serapah ditujukan untuk kondisi jalanan yang macet, kereta molor, tugas menumpuk sehingga harus begadang dan akhirnya terlambat bangun. Semuanya menyalahkan lingkungan yang membuat diri datang telat.

Hidup ini penuh makna. Tidak ada satupun yang kita jalani tidak mengandung makna! Semuanya punya hikmah. Jadi ketika berbuat salah, stop blame someone! Mari belajar dari kesalahan dan kealpaan itu. Tidak usah ragu mengakui kesalahan dan kekalahan, itu sudah manusiawi. To Err is human and to forgive is divine.

Pagi ini saya mengutip twit bapak Tifatul Sembiring, Menkoinfo, di twitternya. Dia “berkicau” seperti ini :

“a man may fail many times,
but he isn’t a failure
until he begins to blame someone else”


Well… tidak usah terpuruk dengan kegagalan, apalagi membuang energi, waktu dan pikiran untuk selalu mencari celah kesalahan orang. Ayo bangkit dan tunjukkan bahwa kesalahan itu adalah langkah awal untuk maju. Mundur selangkah untuk maju sedepa.

Will you light a candle and
stop to curse the darkness?


*Renungan buat diri sendiri!

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s