Okkots … Kebiasaan bugis Makassar yang unik!

Kalo kamu orang bugis Makassar atau pernah tinggal atau sekedar datang  berkunjung ke sana pasti bisa melihat dan merasakan keunikan bahasanya, dialek dan intonasinya. Tapi ada yang lebih unik lagi dan keknya hanya terjadi di sana. Okkots… Kebiasaan salah ngomong ketika mencoba berbicara menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Oke.. oke.. saya coba jelaskan secara detil, okkots itu apa sih?

Okkots itu salah ngomong. Biasanya ditandai dengan adanya penambahan atau pengurangan huruf bagian belakang. Atau bisa juga salah menempatkan huruf.

Contohnya :
MakanG ikanG (Kelebihan huruf G)
GeduN bertingkaK (Kurang G dan salah huruf)
Gigik nyamuT (huruf akhir ketukar)
PS Ng (makksudnya PSM)

Bapak saya aja sampe skrg ga bisa nyebutin Depok dengan benar. Kadang Depo’ (O nya mati pake apostrof) atau sekalian DepoT (pake T). Yang lebih lucu lagi, Tante saya datang ke Jakarta. Rencananya mau main ke rumah. Terus dia nelpon saya
“Cha rumah mu di DepoT ya?”
“Depok tante!” Saya meluruskan
“Ohh… DepoT!
“Depok! Depok Tante!”
“Iya iya, DepoT kan?”
Aarghhh…. Whatever deh!

Ini lah salah satu kendala orang bugis Makassar yang ingin mencoba menghilangkan dialek dan intonasi ngomongnya (kalo saya mah cuek, hantam terus!).  Akan sangat gampang mengenali sesoerang itu berdarah bugis Makassar atau ga. Bahkan untuk selevel Jusuf Kalla, Andi Mallarangeng, Rina Hassim pun langsung bisa ketahuan dia punya darah bugis (atau pernah lama di sana). Awalnya susah. Karena pasti akan kepeleset Okkots. Saya mengalaminya

“eh kemana aja lu?”
“kirainGG ke Depot lu!”

Hehehe… tapi berhubung org di sini (Jakarta) ga ngeh jadi hajar aja bleh!
Lama-lama mulai bisa dikurangi, bahkan sudah bisa menggunakan kosa kata mereka juga.
Oia, ternyata orang di sini pun punya kebiasaan yang hampir sama, terutama orang sunda asli. Beberapa kosa kata mereka juga ada yang terpeleset – kalo ga bisa di sebut okkots. Bedanya biasanya mereka menyelipkan kelebihan huruf itu di tengah.

Contohnya :
penGsiun
PoNG Bengsin
StaTsiun
RuKsak
TengTara

Oalah… ternyata ga beda beda jauh

Di daerah lain ada juga ga ya?

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s