Who Am I?

Pernah kah kalian merenungi diri, mempelajari apa yang ada dalam diri kita masing-masing? Kalian yakin sudah mengenali sifat dan karakter masing-masing?
Saya yakin, kebanyakan kalian akan spontan berkata, YA PASTILAH!
Dulupun saya selalu berpikir, I did! Tapi ternyata tidak! Ini tebukti ketika tiga minggu lalu saya mengikuti salah satu test psikologi assesment yang diadakan kantor, dan semua pegawai baru-baru dan muda (cieee muda) hampir semua kelabakan dengan test kali ini.

Bahkan celetukan-celetukan “MENGARANG ABIS!” terdengar di setiap pojok meja peserta, yang di sambut dengan senyum setuju bahkan cekikikan para pegawai lainnya.

Padahal pertanyaannya simple kok

TULISKAN 20 HAL YANG ADA DALAM DIRI KAMU!

Pertanyaan ini tidak mengenai fisik, misalnya : saya berkacamata, saya putih, saya ikal, saya gendut, saya kurus, saya tinggi, saya pendek atau lain-lainnya. Bukan! Bukan yang itu. Tapi Sifat dan Karakter yang kita miliki.

Untuk 5 – 10 poin awal mungkin gampang, akan mengalir lancar tapi 11 – 20 poin berikutnya mulai gagu bahkan membisu. Akhirnya segala bahasa hiperbolis dan narsisme serta bualan “dikit” bisa juga terselesaikan.

Bukan masalah selesainya. Tapi ternyata untuk mendiskripkan diri saja sebanyak 20 kalimat susahnya minta ampun. Kalau tidak percaya, coba ambil secarik kertas terus selesaikan tugas di atas secara jujur!

Padahal kenyataan hidup, kita selalu pintar menilai dan mengukur orang.

“si A cerewet ya”
“Dia juga orangnya rese”
“Gw selalu bete kalo dekat dia”

kalo perlu lebih dari 20 karakter orang lain akan mudah terlepas dari mulut kita.

Tugasnya tidak berhenti di situ, terus berlanjut dengan pertanyaan-pertanyaan yang membingungkan lainnya. Sebutkan 5 karakter yang dapat membantu anda mewujudkan mimpi anda dan sebaliknya 5 karakter yang bisa membuyarkan mimpi anda.

Satu lagi pertanyaan yang membutuhkan waktu untuk berpikir banyak.
Siapa anda sekarang, 5 tahun yang lalu dan 5 tahun ke depan. Serta usaha apa yang telah dirintis untuk 5 tahun ke depan itu.

Seperti grafik di bawah ini :


X = Posisi kita lima tahun yang lalu
Y = Posisi kita sekarang ini
Z = Posisi kita kelak lima tahun kedepan

Ada banyak hal yang saya peroleh dalam test kali ini. Pelajaran yang berarti banget. Bahwa saya ternyata masih dangkal mengenali diri sendiri. saya juga masih memerlukan waktu lama untuk memilih karakter mana yang positif dan mana yang negatif dari dalam diri saya. Padahal di usia dan posisi sekarang harusnya saya sudah bisa membedakan mana hitam dan mana putih.

Bahwa saya juga belum terlalu pasti dengan visi ke depan. Bahkan untuk 5 tahun berikutnya saja saya masih bingung di mana saya akan berada. Usaha apa yang akan saya lakukan pun belum terjawab dengan meyakinkan. Padahal mimpi itu ada tapi kenapa tiba-tiba ragu menuliskannya di lembar jawaban?

*Tarik nafas*

Betapa kita (baca : saya) selalu mengabaikan diri sendiri. Selalu sok tau dan mengerti tentang apa yang ada di diri kita. Padahal, bagaimana kita bisa mengembangkan potensial diri sendiri kalo kita sendiri belum tau apa yang kita miliki.

Pikirkan apa yang kita miliki sekarang. Semoga bisa menjadi awal dari kesuksesan kita semua.

Know ur self better and deeper!


*Catatan Test assesment, Gambir, 12-13 Agustus 2009

 

 

 

Leave a Reply

