Bayi, Orang tua dan Mall

Punya bayi pastilah impian semua keluarga. Bayi menjadi simbol cinta kasih orang tua dan bisa menjadi penerus nama keluarga. Meski tidak sedikit juga orang tua yang menyia-nyiakan karunia Sang Pencipta itu.

Tulisan ini hanya mencoba membahas fenoma yang banyak terjadi di masyarakat luas. Bukan membahas tentang bagaimana merawat bayi yang baik dan benar. Atau bagaimana mendidik anak yang bijak dan sebangsanya. Bukan! Karena saat ini gw juga ga punya pengalaman soal itu semua.

stroler

Pernah melihat pasangan muda membawa bayinya jalan-jalan ke mall? Baik sekedar menggendong dengan alat gendongan yang menarik atau pun mendorongnya dengan menggunakan stroller yang lucu-lucu nan mewah? Gw sering! *tsahh ketahuan sering ngemol* Pada saat itu gw bertanya, apa tujuan mereka melakukan itu semua? Bayi yang mereka bawa itu kan ga ngerti sama sekali. Bahkan ada kenalan gw, sudah membawa bayinya ke mall pada saat umur bayi itu belum satu bulan. Ga percaya? Sama, gw juga ga percaya kalo bukan orangtuanya sendiri yang ceritain ke gw. Umur segitu kan matanya aja belum melek! Dan paling ga habis pikir adalah ketika ortu ikut memasukkan bayi ke dalam studio bioskop yang suaranya hingar bingar. Asli loh gw khawatir dengan gendang telinga si bayi. Lagian membawa bayi ikut nonton di bioskop itu sia-sia. Karena semua ortu yang bawa bayi yang pernah gw liat pasti keluar di saat filmnya belum habis. Si bayi nangis terganggu dengan suara gede, orang lain keganggu, ortu risih dan akhirnya walk out! See?!

Yang lucu adalah banyak teman gw berpikir sama dengan yang semua gw tulis di atas. Bahkan nyinyir di twitter dengan hestek nomention. Contohnya : “Ortu yang bawa bayi ke Mall hanya menyumbangkan bibit penyakit untuk bayinya!” atau dengan kalimat “Ke mall bawa bayi? Mau pamer stroller?!” dan masih banyak lagi lainnya. Tapi apa ketika punya bayi? Mereka juga berlaku sama.

Jawaban beragam pernah gw dengar ketika gw tanya langsung ke ortu-ortu itu. Ada yang bilang, “Cari suasana beda aja. Kalo di rumah terus bisa sumpek”.
“Melatih bayinya beradaptasi!” (Haaa?)
“Emaknya butuh gaul cyinn, sembilan bulan bok terkekang!” (double haaa?)
Dan beberapa komen lainnya yang menurut gw sih ga ada yang make a sense.

Kalo memang butuh suasana baru, kenapa juga harus ke mall? Apalagi bioskop? Kenapa ga ke rumah neneknya? Atau keluarga lainnya? Atau tempat-tempat yang lebih tenang dan ga ramai. Atau kenapa ga ngalah untuk bertahan tetap ga kemana-mana? Pernah ga sih orangtuanya berpikir resiko yang bisa didapat dengan membawa bayi ke tempat terbuka seperti itu?

Well, gw mungkin sekarang bisa heran dengan fenomena ini,. Who knows someday gw juga ternyata melakukan hal yang sama?

12 thoughts on “Bayi, Orang tua dan Mall

  1. BuPeb December 6, 2012 / 9:05 am

    wkwkwkwk… kl sebulan, 2 bulan gw ga tega bawa baby … tapiii kalau ga ada yg bs gw titipin en kudu ke mall, ya gw kudu bawa si baby.
    ke bioskop? BIG NO, ngapain? kacian baby

    • anchaanwar December 6, 2012 / 11:50 am

      Jgn sampe deh bupeb bawa baby ke bioskop! Kesian bayinya juga sayang duitnya🙂

  2. edwinlives4ever December 7, 2012 / 1:21 am

    When Nevan was still a baby, I sometimes took him to the mall, the mountain, the forest, the beach, and the office. I don’t want to shield him too much. Shielding is a double-edged sword. Shield your kids too much and they will never grow strong enough to fulfill any destiny.

    • anchaanwar December 7, 2012 / 1:28 am

      Umur berapa Nevan wkt itu? Sebulan? Gw setuju ga terlalu protect tapi bukan berarti hrs ke mall kan? Msh byk t4 lain yang lebih oke utk tujuan yg om gagak bilang. Gunung, laut atau pulau misalnya🙂

  3. heavendrive December 7, 2012 / 1:23 am

    sebenarnya cuma pengen bikin elu iri dan gw envy sih Cha…..

    • anchaanwar December 7, 2012 / 1:35 am

      Gw sih ga iri Ram. JEALOUS DOANG! *kunyah stroller*

  4. thebimz December 7, 2012 / 4:46 am

    jadi kapan kakak Ancha punya bayi?

    • anchaanwar December 7, 2012 / 6:51 am

      Kan udah! Kaka Bimo ga tau ya?

      • thebimz December 7, 2012 / 8:59 am

        bayi apaan?

      • anchaanwar December 7, 2012 / 9:02 am

        Bayi ngepet, buat beli iPad mini dan iPhone5

      • thebimz December 10, 2012 / 8:26 am

        wuih ga usah ngeped juga pasti kebeli sama ancha.. sama pabrik2nya juga bisa🙂

      • anchaanwar December 10, 2012 / 11:49 pm

        Soft loan dari mas Bimo🙂

Leave a Reply

