Meme School #11: Pelajaran ga banget

Gw paling ga suka pelajaran yang butuh hafalan banyak. Makanya gw ga suka guru yang sering menyuruh siswanya hafal materi untuk ujian lisan atau tulisan. Dulu pelajaran seperti itu biasanya pelajaran sosial seperti PPKN, EKonomi, Sejarah dan lain-lain. Aarrghhh…

ImageMeski ujung-ujungnya bisa hafal juga tapi dengan sangat terpaksa. Gw bahkan ada guru kesenian yang ngajarnya cuma jual diktat, terus ujiannya disuruh hafal satu diktat itu. Gokil ga tuh. Yang bisa ngapal diktatnya ga perlu ujian Cawu, nilai sembilan bakal bertengger di rapor. So useless, meski gw dulu termasuk orang yang bisa menghafal satu diktat tersebut.

Adalagi yang lucu, guru Sosiologi kelas 2 SMA. Ujiannya itu ujian lisan. Masuk ke kelas untuk ujian satu-satu. Setiap habis ujian, teman-teman gw mesem-mesem kecut ketika keluar kelas. Kita yang nunggu di luar kelas jadi penasaran, apa aja ujiannya, sampe semua yang sudah ujian ga ada yang mau buka mulut apa aja yang ditanyain. Pas gliran gw masuk, terjawab sudah pertanyaan tadi. Pertanyaan pertama gw itu “Apa judul Bab 2?” Jreeeenggggg… untungnya gw bisa jawab. Dan lucky me, gw bisa lagi menjawab ketika di tanya, “topik tentang anu ada di halaman berapa?” Hahahaha… bener-bener pertanyaan tricky. Sudah cape-cape hafal materi ternyata yang ditanya malah seperti itu. –___–”

Terakhir, Semoga metode menghafal seperti ini ga lagi diterapkan. Pemahaman filosopi pelajaran dan kemudian bisa mengerti dan menjelaskan dengan bahasa masing-masing itu jauh lebih penting.

6 thoughts on “Meme School #11: Pelajaran ga banget

  1. ayanapunya June 12, 2013 / 1:59 am

    haha pertanyaannya. ancha rajin banget yak sampai hafal halamannya😀

    • anchaanwar June 12, 2013 / 2:27 am

      itu beruntung tau. Bahkan gw jawab lengkap dengan paragrafnya. “Halaman sekian paragraf bagian bawah” Hahahaha… seingat gw, part itu mmg sering diulang2 gurunya. Dan guru gw terkesima dengan jawaban gw. Hahahaha… ga tau aja dia😀

  2. ogieurvil June 13, 2013 / 8:04 am

    Serius tuh pertanyaannya begituh ?? Bener2 dah… Huhuhu.. Gw juga benci gaya belajar hafalan.. Hafal nggak identik paham soalnye.. hehehe..

    • anchaanwar June 13, 2013 / 9:53 am

      Iyaaa… maklum memori daya ingat gw ga bagus :)))

    • anchaanwar July 19, 2013 / 6:01 am

      Ga… Malah gw lemah diingatan :))

Leave a Reply

