# 03 : Something With Which I Struggle

Dalam dunia kerja ada dua hal yang biasa kita kejar dan perjuangkan. Gaji dan Karir. Ga perlu munafik, salah satu tujuan gw kerja adalah mencari duit untuk bisa menafkahi hidup gw dan keluarga. Dan sesuai dengan hukum alam, hidup akan terus berkembang dan berevolusi. Begitu pula dengan gaya hidup. Well, terkadang bukan kita yang ingin merubah gaya hidup kita, tapi keadaan lah yang memaksa kita akhirnya ikut terbawa arus. Sebagai contoh gadget. Ada beberapa orang yang mungkin ga terlalu butuh hape, tapi karena tuntutan kerjaan, mau ga mau mereka pun harus memiliki itu. Semakin hari, hape tidak hanya digunakan untuk berbicara menanyakan kabar atau membahas sesuatu. Sekarang digunakan untuk mengirim pesan, gambar atau bahkan video. Gw ingat di awal-awal gw kerja, bos gw memaksa gw memakai hape yang fitur messagingnya lebih lengkap, katanya agar lebih gampang berkoordinasi via email.

Oke kembali soal gaji dan karir. Karyawan mana yang ga mau gajinya naik? Siapa di antara kalian yang menolak bonus kerja atau THR setiap tahunnya? Kalo ada yang ngacung, kemungkinan ada dua, pemilik perusahaan atau orang yang memang sudah tajir tapi lagi iseng menyamar jadi karyawan atau bawahan. Soal karir, di kantor gw karir itu terbagi 2, jalur struktural atau jalur fungsional. Banyak rekan gw yang semangat mengejar jabatan struktural. Mungkin merasa bahwa jabatan makin tinggi maka kekuasaan makin luas, pridenya kinclong sehingga dihormati banyak orang. Mungkin. Nah fyi, gw termasuk orang yang ga terlalu ngoyo ngejar jabatan struktural. Gw mungkin tipe ‘pemain aman’ yang ga mau pusing dengan segala macam birokrasi yang ribet itu.Tapi meski begitu, gw tetap berjuang bagaimana caranya gaji gw bisa naik. Hehehe…

As we known,  karir dan gaji adalah dua hal yang terhubung secara linear. Makin tinggi karir lo, maka makin tinggi pula gaji yang akan lo dapat. Oleh karena itu, inilah yang gw perjuangkan di SDM kemarin. Gimana caranya agar gw bisa naik peringkat (di kantor gw mengenal sistem peringkat untuk mengetahui grade seorang karyawan. Kalo di PNS mungkin sama dengan sistem ‘golongan’ kali ya?) tapi tetap melipir jauh dari embel-embel menjabat.

Dan ada jawabannya, gw harus ikut diklat penjenjangan karir. Setelah syarat administrasi dianggap  sudah terpenuhi, bulan Mei 2014 kemarin, gw pun mendapat panggilan mengikuti diklat tersebut, diklat yang ternyata cukup lama dan melelahkan. Diawali dengan outbound di hutan, di salah satu area kawasan puncak,Bogor, di mana kami para peserta di karantina tidak terhubung dengan dunia luar sama sekali selama 3 hari.

IMG_9500

IMG_9513

IMG_9605

IMG_0601

Setelah itu dilanjutkan dengan materi classroom yang bertujuan menggembleng kemampuan hardskill para peserta. Pfeww….

IMG_0648

IMG_0652

IMG_0650

Well, semoga apa yang gw perjuangkan kemarin selama hampir sebulan itu membuahkan hasil. Peringkat gw bisa naik dan otomatis gaji gw juga bisa nambah. Aamiin \(^^)/

SEMANGAT!!!

10 thoughts on “# 03 : Something With Which I Struggle

  1. close2mrtj June 6, 2014 / 6:27 am

    cemunghuuud, kakaaa anchaaa…

    kalo dulu gw pernah denger, apapun yg kita kerjakan, yg dengan penuh ketekunan apalagi perjuangan, pasti membuahkan hasil. meski hasilnya ga bener2 sesuatu yg kita inginkan sekalipun, tapi hal yg lain yg sama baiknya dengan yg kita tunggu2 atau harapkan. hanya beda hal dan beda waktu. syukur2 sih seperti yg kita harapkan yaa…

    jadi chemyunghyuuudd iiiaaaa….😀

    • anchaanwar June 6, 2014 / 7:35 am

      Aaaaaakkkk…. Tijeh, akuh terharuh.
      Komen lo sungguh menenangkan hati. Jangan2 kamu ini KAKAKNYA MARIO TEGUH?
      ;))

      • close2mrtj June 6, 2014 / 10:21 am

        harus ye, ngatain gw setua itu!! monyooonkk!!

      • anchaanwar June 7, 2014 / 10:09 pm

        BWAHAHAHA… Itu juga udah gw mudain lo. Tadi mo nulis om nya :)))

  2. ayanapunya June 6, 2014 / 9:29 am

    semoga berhasil, chaaa!
    di sini kalau mau naik jabatan pakai presentasi dulu. tapi ada syarat golongannya juga sih

    • anchaanwar June 7, 2014 / 10:11 pm

      Kalo yg kmrn bukan naik jabatan, yan. Tapi naik peringkat. Kalo di PNS misalnya dari golongan 3 ke golongan 4, gitu🙂

      • ayanapunya June 7, 2014 / 11:11 pm

        Ooo. Kalau di sini golongannya pakai abjad😀

  3. edwinlives4ever June 7, 2014 / 6:30 am

    Don’t wish for a bigger salary. Fight for a bigger income instead.

    Contact Rama and join MLM.😛

    • anchaanwar June 7, 2014 / 7:15 am

      Hahahaha… *dejavu*
      Aih jadi ingat MP lagi :))

Leave a Reply

