#09: How do I handle/deal with failure?

Kegagalan itu wajar, begitu kata orang bijak. Kebanyakan orang ga bisa menerima kegagalan itu, terlebih ketika sebelumnya kita sudah menyiapkan segala sesuatunya dengan hal yang terbaik. Well, sebagaimana manusia biasa lainnya, gw termasuk yang sering kecewa kalo apa yang sudah gw lakukan dengan baik tidak memberikan hasil sesuai dengan harapan. Satu-satunya yang bisa menghibur gw adalah gw punya keyakinan bahwa ada Allah yan Maha Mengatur segalanya. Manusia hanya berencana Allah yang menentukan.

Said easier than done. Memang tidak mudah banget melegowokan hati. Gerutu dan dumelan pasti akan ada, boong kalo ga. Makanya gw sekarang harus banyak belajar bagaimana meredam kekesalan itu. Bagaimana mengalihkan pikiran kalut dan cenderung negatif menjadi hal-hal yang posiitif sehingga lebih menenangkan diri.

Untungnya juga sekarang gw sudah punya keluarga. Ada isteri dan anak yang in sya Allah selalu mensupport gw apapun yang terjadi. Selalu menghibur dan menenangkan pikiran gw. They are my healer!

Salah satu cara positif yang gw lakukan dalam upaya mengatasi kegagalan itu adalah mencoba mencari hikmahnya meski teman gw yang namanya hikmah entah di mana berada. *krik*

Misalnya saja nih, gw pernah gagal melamar wanita di tahun-tahun sebelumnya. Pada saat itu sih jelas kecewa. Tapi gw selalu memotivasi diri sendiri bahwa dia bukan jodoh gw dan in Sya Allah, pasti akan diberikan yang lebih baik. Dan Alhamdulillah, itupun terjadi. Gw sekarang punya isteri dan anak yang gw yakini adalah hadiah dari Allah.

See… terkadang kegagalan yang kita hadapi bukanlah hal yang menakutkan dan menjatuhkan kita. Tapi justru menjadi momentum awal untuk kemudian kita bangkit dan bisa meraih yang lebih baik. Ingat, Allah selalu punya skenario terbaik untuk ummatNya. Meski itu juga kembali ke diri kita masing-masing, sejauh mana kita bisa bangkit dan move on serta berusaha untuk bisa lebih baik.

Like wise man said :

What Defines Us Is How Well We Rise After Falling

dan kata Confucius

Our greatest glory is not in never falling, but in rising every time we fall – Confucius

Jadi memang hal yang perlu kita lakukan ya cuma itu, bangkit dan berjuang lebih keras. You will get nothing if you just stay there to do nothing. Yuk sama-sama berusaha, saling membenarkan dan saling mengingatkan. Terkadang uluran tangan orang lain, keluarga atau teman bisa membuat kita lebih tegar.

 quote

Picture, courtesy of Google

Leave a Reply

