#11: Something about which people seem to compliment me

“Cha, hape yang bagus tapi ga terlalu mahal berapaan?”
“Budget lo berapa?”
“Yah, 3-4 juta lah!”
“Kalo budget segitu sebaiknya…..”

Demikian percakapan yang entah sejak kapan dimulai, sering banget terjadi. Banyak teman gw yang meminta pendapat kalo mau beli hape, tablet atau laptop. Ga keluarga, teman kampus, teman kerja sampe teman blogger. Mereka sering meminta pendapat gw kalo ada masalah soal gadget. Mau beli barulah, troubleshooting atau sekedar nanya-nanya hal-hal berbau gadget.

Yang gw heran, kok mereka nanyanya ke gw. Padahal gw sendiri masih cetek banget soal gadget dan sejenisnya. Oke, gw akui gw suka hal-hal yang berbau gadget. Entah kenapa gw menikmati teknologi yang satu ini. Teknologi yang perkembangannya super duper pesat. Gw suka baca artikel-artikel tentang smartphone, OSnya, aplikasinya dan juga isu-isu seputar hal tersebut termasuk fluktuasi harga gadget. Dan sekali-sekali gw kadang nulis soal gadget, tips trik sampe review aplikasi. Gw bahkan betah jalan-jalan ke mangga dua atau toko-toko elektronik hanya untuk melihat-lihat gadget-gadget yang lucu dan canggih, meski ga beli juga. Hehehe… Tapi walaupun begitu bukan berarti gw jadi pakar gadget. Tentu tidak. Gw aja masih sering nanya ke teman gw yang menurut gw jago banget soal teknologi. Gw bahkan merasa apa yang gw tau itu ga ada apa-apanya dibanding para gadget freak yang ada di dunia maya.

 Gadgets

Yah kalo ada yang nanya ke gw, gw jelasin setau gw aja sih. Dan bila ada yang gw juga ga begitu jelas, gw baca dulu baru gw jelasin ke teman yang nanya tadi. Kebanyakan mereka minta tolongnya dicariin hape yang cocok dengan budget mereka. Biasanya gw tanya dulu preference nya mereka apa. Camera, music, model, ukuran layar atau hal-hal yang lebih spesifik. Setelah itu gw sebutin merek dan hape yang masuk dalam range mereka dan memenuhi keinginan mereka. Setelah itu gw bandingin satu satu. Misalnya, hape ini A kelebihannya di sini, kekurangannya di sini. Kalo hape B unggulnya di sini, dan  sayangnya punya kelemahan di sini. Gw juga biasanya saranin spek-spek penting yang harus ada dalam smartphone. Misalnya kapasitas batere dan memori internal. Setelah gw jelasin hal-hal yang mungkin sedikit teknis ke mereka, hal terakhir adalah model dan warna. Karena itu sifatnya personal, gw biasanya sudah melepaskan ke mereka untuk memutuskan sendiri. Dan biasanya gw saranin untuk langsung ke toko untuk melihat daftar jagoan yang masuk di list untuk memegang langsung dan merasakannya sendiri. Meski sebenarnya gw ga membantu banyak, karena apa yang gw jelasin itu pada dasarnya mereka bisa baca sendiri di internet. Tapi beberapa di antara mereka senang dan memuji. Yah gw senang juga sih kalo ternyata apa yang gw jelasin bisa membantu mereka.

Satu lagi yang kadang membuat gw ngikik geli. Beberapa di antara mereka bilang gw ngejelasinnya persuasif, jadi tadinya mau beli apa tapi karena dengar omongan gw, mereka jadi berubah pikiran. Some of them said that i am a provocator. Gw katanya jago ngecap. Hahaha… Bisa jadi jurkam nih. Atau gw jadi buzzer aja ya di timeline. Ada yang mau bayar? Hahaha… eh kok gw malah jadi ketawa ketawa ini. Hahaha…. hahaha… haha*PLAK!*

Gw senang juga ketika misalnya ada teman yang nelpon gw panik karena ipad mininya mati total terus gw kasih trik singkat dan ternyata berhasil buat ipadnya nyala kembali. Atau ada yang bela-belain ke Depok demi gw biar bisa jailbreak ipadnya. *ngikik* Tapi sekali lagi, gw ga jago gadget apalagi disebut pakar gadget (some of them call me like that). Hohohoh… JAUH BANGET KALO HARUS DITEMPELIN EMBEL-EMBEL ITU! JAUUUHHHH!!!

Oia, ada lagi yang lucu, pernah lo ada teman yang nanya, “lo emang punya counter hape ya, cha?” Hahaha… ada-ada aja. Tapi boleh juga tuh idenya. Ada yang mau modalin? *dilepeh visitor*

9 thoughts on “#11: Something about which people seem to compliment me

  1. edwinlives4ever July 1, 2014 / 3:24 am

    I have Rp.3.500,- budget. What kind of iPhone will suit me?😀

    • anchaanwar July 1, 2014 / 3:35 am

      Nih om, gratis *sodorin tlp2 plastik sobek model iphone*😀

  2. ayanapunya July 1, 2014 / 4:19 am

    buka jasa konsultasi gadget aja, chaaa😀

    • anchaanwar July 1, 2014 / 4:27 am

      Hahaha… jauhlah. Kalo buka jasa konsultasi, ntar berbayar lagi😀

  3. close2mrtj July 2, 2014 / 5:18 pm

    Baguuuss… baguuss… pertahankan ya, Nak… hahahaa…

    Kalo gw, somehow pada saat ada orang yg mengira gw jago di satu hal, padahal gw engga, gw merasa itu semacam sign atau bisa jadi pencerahan buat gw, kalo gw emang harusnya lebih mendalami lagi hal yg satu ini. Paling engga, dari yg cuma intermediate, jadi advance lah. Padahal sih dari basic ke intermediate. Eh, kok gw jadi inget kelas2 di kursus bahasa Inggris ya… udah ngantuk ini sih… udah ah, mau tidur dulu… oooaamn….

    *lagi doyan nulis dengan banyak titik2 dihambur2kan gini rupanya gw belakangan ini*

    • anchaanwar July 3, 2014 / 12:53 am

      Kalo gw bilang suara lo bagus, lo bakal mau ikut XFactor tahun depan ga? Gw vote deh tiap minggu🙂

      • close2mrtj July 3, 2014 / 1:58 am

        umm… that’s actually one of the things i was talking about. hahahaha… well, we’ll see!

        stt.. this is just u and me (and those who read this)😀

      • anchaanwar July 3, 2014 / 2:01 am

        AAAAaakkkkkkk Tijeeeee
        Semoga sukses yaaa…
        Who knows someday lo punya album jadi the next Tulus, trus di sampul album lo ada nama gw di bagian thanks to nya trus gw bakal bawel bilang, eh Tije itu teman gw loh!
        Gutlak ya

      • close2mrtj July 3, 2014 / 2:12 am

        hahahah… aamiinn…
        makasih, Kaka Anchaaa…

Leave a Reply

