#12: Something I hope to change about myself and why

Andaikan ini sebuah ajang miss universe atau miss pageant sejenis lainnya, gw pasti akan menjawab “My life is just like a movie. if i change any part of it, my story will be different, I will not be someone like me now. So that… I will not change any part of myself, because i am who i am. Thank you!” Sebelum kembali ke deretan finalis, ditutup dengan kalimat sakti khas Miss Universe “World peace!” Dan tepuk tanganpun akan membahana.

In fact, semua orang punya kekurangan dan sesuatu yang wajar kalo kita ingin merubahnya. Termasuk gw pastinya. Sesuatu yang akan gw rubah itu bukan fisik tentunya, tapi lebih cenderung sifat. Sifat yang menurut gw terkadang menghambat perjalanan gw dalam meraih tujuan atau target. Gw punya sifat cenderung tidak percaya diri, terutama di dalam lingkungan baru. Gw biasanya akan mempelajari suasana dulu, bagaimana orang-orang yang ada di dalamnya atau bagaimana situasi di lingkungan tersebut. Terkadang malah sering berkembang menjadi skeptis ke orang lain. Entah kenapa ketidakpercayaan diri ini kerap mendera. Ide atau pendapat yang biasanya ada di kepala sering mentok karenanya.

Confidence word destruction

Beberapa waktu yang lalu gw sempat menjalani OMT, semacam kegiatan outdoor yang menempa softskill pegawai. Salah satu poin resume yang disampaikan pendamping grup gw di hari-hari awal, gw lebih banyak diam dan seperti menjadi outsider dari kelompok gw. Padahal menurut mereka setiap kali gw ngomong, pemikiran gw (uhuk) bagus, deliverynya enak karena runut dan terstruktur. Dalam kesempatan itu gw pun belajar untuk lebih confidence dan berani mengemukakan pendapat. It’s not easy for me. Melawan bisikan yang menyuruh gw untuk diam itu berat. Tapi finally at the end of this program, pendamping gw memberikan report progres yang positif tentang ini.

Memang harus gw akui ini salah satu kendala besar yang gw miliki. Dan gw berharap hal ini bisa gw redam dan syukur-syukur hilang dari diri gw. Sudah banyak artikel dan buku yang gw baca untuk memperolehnya, tapi memang said easier than done. Gw merasa sih sudah ada perbaikan dari sebelum-sebelumnya. Jika terus gw tingkatkan wah gw bisa jadi orang yang penuh percaya diri dong. *pose ala model dengan menatap tajam* Meski kemudian gw juga berharap gw kemudian tidak menjadi over confidence yang bisa cenderung menjadi orang yang menyebalkan. Hahaha….

Or anyone has any tips to avoid or reduce it? Ayo ajarin gw dong🙂

 building-confidence

“Confidence comes not from always being right but from not fearing to be wrong”

2 thoughts on “#12: Something I hope to change about myself and why

  1. ayanapunya July 2, 2014 / 3:05 am

    aku juga lebih milih diam kalau diskusi😦

    • anchaanwar July 2, 2014 / 3:55 am

      saya kalo sudah adaptasi sih justru bisa paling vocal😀

Leave a Reply

