#14: Someone Who Has Made My Life Worth Living

Nothing but my mom!

Jika ada yang bertanya siapa di dunia ini yang sudah membuatmu seperti ini, jawaban gw seperti kalimat di atas. Iya, ibu gw lah yang berjasa banyak membuat gw bisa hidup seperti sekarang ini. Ibu gw hanya seorang ibu rumah tangga biasa. Pendidikannya hanyalah SR (setara SD jaman dahulu kala). Kesehariannya sangat sederhana. Tugasnya simpel tapi sangat berat. Mendampingi bokap gw dan mengasuh putra putrinya.

ibu-siluet(Picture Courtesy of Google)

Meski hanya lulusan SR, ibu gw sangat cerdas. Beliau doyan baca buku, buku apa aja dibacanya. Ga heran wawasannya luas. Bahkan bokap gw aja kalah hehehe. Dan sepertinya, hobi baca gw menurun dari beliau. Satu lagi yang gw kagum dari beliau, beliau mengerjakan sesuatu selalu detil dan terencana dengan matang. Sebagai anak bungsu, gw sering melihat orang tua gw mengatur keuangan yang ga banyak untuk pendidikan anak-anaknya. Ibu gw sangat sadar akan pentingnya pendidikan pada anak-anaknya. Makanya dia selalu menekankan ke kami, putra putrinya untuk selalu giat belajar. Dan ibu gw memegang peranan besar bagaimana uang yang sedikit itu bisa menyekolahkan 6 orang anak sampai ke jenjang yang jauh lebih tinggi dari dirinya.

Ibu gw bahkan sudah bercerita, kelak kalo gw kuliah, nanti hanya bisa ngirim sedikit dan beberapa kue kesukaan gw, tapi apa yang ada harus bisa disyukuri dan dinikmati. Waktu itu gw dengan lugunya menjawab, “Kuenya ini aja ya (sambil menyebutkan nama kue putu yang gw suka banget waktu itu)!”

Sayangnya ibu gw ga berumur panjang. Ibu gw meninggal dengan tenang ketika gw kelas 2 SMA. Sebuah pukulan telak bagi gw pribadi, karena gw belum bisa membalas jasa-jasanya sama sekali. Tapi ga pernah sekalipun gw melupakan pesannya. Dan tak pernah sekalipun gw melupakan harapan dan keinginannya yang selalu dilontarkan dalam doanya siang dan malam.

Jadi sekali lagi kalo ada yang bertanya, siapa di dunia ini yang sudah membuatmu hidup layak seperti sekarang ini, proudly i’ll say : MY MOM!

 

2 thoughts on “#14: Someone Who Has Made My Life Worth Living

  1. thebimz July 15, 2014 / 6:32 pm

    semoga almarhumah mendapat syurga di sisi Allah Swt aamiin.

Leave a Reply

