[Review] Inside Out (2015)

inside_out_ver3Genre : Animation
Score : 4/5

Ini salah satu film yang berhasil menggerakkan gw untuk mau kembali membuka blog film gw dan menyisipkan satu review baru di dalamnya.

Riley adalah sosok sentral dalam film ini. Kehidupannya sejak lahir hingga usia 11 tahun menjadi topik utamanya. Bukan soal bagaimana dia menjalani hidupnya sebagaimana film-film kebanyakan, film ini menggambarkan dinamika emosi yang ada dalam pikiran Riley. Joy, Sadness, Disgust, Anger dan Fear adalah 5 karakter yang mewakili emosi itu. Kelimanya bermarkas di pusat pikiran Riley dan bersama-sama menentukan langkah Riley dalam bertindak.

Awalnya mereka selalu bisa mengatasi semua keadaan, karena selama ini emosi Joy lah yang selalu dominan. Hingga kemudian cerita berubah drastis ketika RIley sekeluarga harus pindah dari Minnesota ke San Fransisco. Adanya kesalahan sistem membuat Joy dan Sadness harus terlempar keluar dari headquarter. Kehilangan dua emosi utama menyebabkan kestabilan pikiran Riley terganggu. Joy dan rekan-rekannya berusaha memperbaiki semuanya sebelum Riley benar-benar kehilangan segalanya.

***

Film animasi ini sudah lebih dulu beredar di luar sana dari dua bulan sebelumnya. Terhitung telat untuk ukuran film yang responnya positif bahkan di kalangan kritikus film paling nyinyir sekalipun. Kita baru bisa menikmati film ini di pertengahan bulan Agustus 2015 ini.

Insideout1Film ini menawarkan sebuah pemikiran yang dalam tapi disajikan dengan cara sederhana khas film-film animasi. Seorang manusia tumbuh dengan memori yang kental dengan berbagai perasaan. Kenangan yang bisa membangun sebuah ‘istana’ dalam hidup kita. Tapi istana itu akan dengan sangat mudah hancur apabila perasaan-perasaan yang ikut terbangun di dalamnya ikut musnah. Riley mewakili manusia yang perasaannya gampang terombang ambing. Adukan emosi yang bisa membuat kita hancur dalam sekejap. Dalam film ini juga diperlihatkan juga bagaimana sentuhan passion, friendship dan family menjadi unsur yang bisa membuat hidup kita lebih hidup.

Gw sendiri ga menyangka film Inside Out bakal seemosional ini. Ada beberapa part yang membuat gw benar-benar tersentuh dan menoleh kembali, betapa kita dengan gampangnya menghancurkan ‘istana’ kita sendiri, satu persatu. Ah… it’s really touched and moved me. Bahkan sayup-sayup gw bisa mendengar suara mbak-mbak sesesunggukan dalam bioskop menyaksikan bagaimana kacaunya perasaan Riley saat itu. Yah, gw pikir dia memikirkan hal yang sama apa yang gw pikirkan, bahkan mungkin lebih dalam.

Insideout2Setelah kemunduran beberapa produksi DIsney Pixar beberapa waktu belakangan ini, akhirnya mereka berhasil menelorkan sebuah karya terbaik lagi yang tidak hanya menarik dar sisi packaging (gambar dan karakter), tapi juga dari segi isi dan pesan moral. Film ini akan sangat menarik untuk kalian tonton bersama keluarga lengkap kalian atau sesama teman terdekat.

*standing applause*

15 thoughts on “[Review] Inside Out (2015)

  1. itsmearni August 26, 2015 / 6:48 am

    Adegannya aman gak buat anak 5 tahun. Ceritana tampak agak berat nih buat anak-anak

    • anchaanwar August 26, 2015 / 7:08 am

      Totally safe! Di sini hebatnya Inside out. Topiknya sebenarnya berat tapi delivery nya sederhana dan film animasi banget. Jokesnya juga lucu.

      • itsmearni August 26, 2015 / 9:20 am

        Wah sip sip
        Berarti aman bawa Prema

  2. museliem August 26, 2015 / 2:33 pm

    Ga ada bioskop di lubuklinggau… Hiks

    • anchaanwar August 26, 2015 / 3:02 pm

      Ayo ke Depok aja. Gw traktir nonton deh😀

      • Badai August 26, 2015 / 4:28 pm

        Traktir di Cibinong dong Cha😉

      • anchaanwar August 26, 2015 / 8:47 pm

        Traktirannya utk org yg berdomisili luar jabodetabek aja🙂

      • museliem August 27, 2015 / 11:12 am

        Hahahhahaa anchaaaakkk…

    • omnduut August 27, 2015 / 3:25 am

      Eh sudah balik ya? ke Palembang aja😀

      • museliem August 27, 2015 / 11:12 am

        Liburan kaka… Lebih tepatnya…

      • anchaanwar August 27, 2015 / 11:21 am

        LIBURAN APAAN 3 BULAN!!! *sirik*

  3. omnduut August 27, 2015 / 3:26 am

    Oke aku ajak keponakan deh nonton ini. Makasih reviewnya Ncha

    • anchaanwar August 27, 2015 / 3:30 am

      Jangan nangis depan ponakan ya hehehe

    • anchaanwar October 5, 2015 / 7:21 am

      Iyaaaa… Masuk list collectible gw!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s