[Review] Nexus 6 – Si Bongsor yang Luar Biasa

Smartphone besutan Motorola ini sebenarnya bukanlah keluaran teranyar untuk seri Nexus. Google baru saja mmengeluarkan Nexus 5X dari LG dan Nexus 6P dari Huawei sebagai smartphone Android pertama yang membawa OS Android seri terbaru, Marshmallow. Nexus 6 sudah resmi dilaunching di luar sana sejak Quartal ke empat tahun 2014. Hanya saja di Indonesia, Nexus 6 ini baru masuk resmi sekitaran Juni 2015.

Ada banyak hal kenapa keberadaannya di Indonesia tidak terlalu berdengung, tidak seperti Nexus 5 buatan LG sebelumnya. Pertama karena keterlambatannya tadi, sehingga keiistimewaannya sebagai smartphone pembawa OS Android 5.0, Lollipop, terasa sudah tidak terlalu wah, tokh sudah banyak merek dan tipe lain yang lebih familiar, bahkan handphone merek Tiongkok yang murah meriah juga sudah berasa Lollipop. Kedua, harganya yang relatif mahal untuk ukuran seri Nexus. Dulu Nexus 5, dirilis dengan harga 5 jutaan saja, Nexus 6 menggebrak pasar dengan angka cukup fantastis, 8 juta rupiah. Ketiga, merek pengusung Nexus 6 ini adalah Motorola, sebuah merek handphone yang sebenarnya dulu sangat mumpuni, tapi sekarang ini terasa tidak familiar, terutama di Indonesia. Bandingkan dengan LG yang membawa Nexus 5, orang dengan gampang mengenalinya dan merasa ‘aman’ dengan merek tersebut. Alasan keempat, adalah sizenya yang lumayan gede, 5.96″, ukuran yang cukup besar dan mungkin menyulitkan untuk dibawa kemana-mana oleh sebagian orang. Alasan terakhir menurut saya, sistem pendistribusiannya tidak luas, hanya dikuasai oleh satu distributor saja, yaitu Erafone Trijaya.

Menyadari kurang suksesnya Nexus 6 ini di Indonesia, distributor resminya melakukan langkah yang cukup menggebrak dan menggiurkan (termasuk saya), memangkas harganya secara besar-besaran. Dari harga 8 juta menjadi 5.5 juta saja, per Oktober 2015. Dari berbagai forum yang saya baca, keputusan menurunkan harga ini cukup menarik perhatian para pecinta OS Android. Dengan spek premium tapi harga relatif lebih murah dibanding handphone sekelasnya.

Oke, pada tulisan ini saya mencoba memaparkan hal-hal yang membuat saya sangat antusias ingin memiliki Handphone Motorola Nexus 6 ini.

01. Seri Nexus
Bagi pecinta OS Android, nama Nexus merupakan jaminan mutu yang tiada duanya. Sebagai OS Pure stock rilisan Google langsung, Nexus selalu terdepan dalam pembagian update-an OS Android di masa depan. Bandingkan dengan merek-merek lain, misalnya Samsung, HTC atau LG. Mereka harus antri terlebih dahulu dan tentunya harus menyesuaikan diri dengan handphone mereka.

02. Spesifikasi Premium
Nexus 6 tidak hanya datang melenggang memamerkan OSnya yang menggoda. Tapi spesifikasinya yang premium juga sangat menggiurkan (terlebih ketika harganya pun relatih lebih Affordable).

  • Ram 3GB dan Rom 32/64 GB (Yang beredar di Indonesia adalah 32GB), sebuah spek yang bisa dibilang masih terrbatas yang memilikinya. Sudah kebayang bagaimana nyamannya mengoperasikan handphone ini.
  • Prosesor Snapdragon 805, Quadcore 2.7Ghz adalah angka yang fantastis saat ini. Angka yang mampu membuat kita bisa ngebut dalam mengoperasikannya.
  • Baterai 3220 mAh, membuat kita aman dan relatif lebih jauh dari kategori Charge Addict.
  • Fast Charging. Sebuah kelebihan yang sangat oke. Charge hanya 30 menit, sudah bisa untuk ngobrol berjam-jam.
  • Camera 13 MP (rear) 2 MP (front), membuat Nexus 6 ini cukup bisa diandalkan.
  • Jaringan LTE, sebuah konektifitas yang super cepat yang sekarang ini rame dijual oleh provider-provider telekomunikasi.
  • Untuk lebih lengkap bisa di cek di link berikut : http://www.gsmarena.com/motorola_nexus_6-6604.php

03. Fisik
Secara kasat mata, Nexus 6 ini terlihat besar. Khususnya bagi orang-orang yang telah terbiasa dengan handphone berukuran di bawah 5″, termasuk saya. Tapi percayalah, kesan itu hanya di awak-awal saja. setelah pemakaian beberapa hari, ukuran tersebut menurut saya pribadi masih dalam batas wajar. Pasalnya, design N6 ini sangat ergonomis. Lengkungan pada bagian belakang membuat handphone ini sangat nyaman untuk digenggam. Pun dengan hal materialnya.

04. OS
Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Seri Nexus adalah seri premiun dari Google yang akan selalu mendapatkan kehormatan dalam hal update software. Android 6.0 Marshmallow yang baru saja rilis pun sudah bisa disematkan pada Nexus 6 ini. Sementara sampai tulisan ini dibuat belum ada satupun handphone flagship dari berbagai merek terkemuka yang merasakan bagaimana manisnya Marshmallow ini (kecuali Nexus 5X dari LG dan Nexus 6P dari Huawei).

05. Pembanding
Kalau mau membandingkan dengan merek lain, gw coba sejajarkan dengan Samsung Galaxy Note 4 dan LG G4 yang secara spesifikasi hampir sama. Dari segi harga, Nexus 6 jauh lebih unggul, mengingat ke dua hape tersebut masih ada di kisaran harga 7 jutaan. Dari segi software, Nexus 6 pun masih bisa bertepuk dada. Dari sisi fitur, mungkin Nexus 6 masih sedikit berada di bawah dua merek di atas. Galaxy Note 4 punya fitur stylus yang menarik, sementara G4 punya fitur kamera yang canggih. Kalo dari segi design, sepertinya kembali keselera masing-masing.

Memilih handphone memang harus kembali ke selera dan kemampuan budget dari calon pembeli. Tak bisa dipaksakan sama sekali. Review kali ini hanya mencoba memberikan gambaran bahwa jika anda mencari Smartphone berbasis Android dengan harga terjangkau tapi spesifik tidak mengecewakan, Nexus 6 keluaran Motorola ini bisa menjadi salah satu pengisi daftar kandidat untuk dipertimbangkan.

Ps : Gambar diambil dari google

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s